Sunday 28 October 2012

Tips untuk orang tua dalam mengajarkan quran pada anak, dari bayi sampai besar


Mengajari Quran pada anak, adalah proses yang menyenangkan, dan mendidik. Bukan cuma anak, atau tepatnya,justru yang mendapatkan pendidikan paling banyak, adalah orang tua,kita! Semakin kita berusaha mengajarkan Quran, semakin kita ditantang,dan diasah untuk lebih banyak mendekati quran, lebih banyak melawan nafsu, lebih banyak memacu diri, untuk menjadi muslim yang baik, untuk menjadi mukmin/mukminat.

berikut beberapa Tips untuk orang tua dalam mengajarkan quran pada anak, dari bayi sampai besar
  1. Sedapat mungkin, meski sangat berat, hentikanlah menonton TV, terutama infotainment dan sinetron. Terlalu besar tarikannya menjauhi al Quran.Setelah diri sendiri berhenti menonton, usahakanlah anak untuk juga berhenti nonton, atau sedikitnya, batasi mereka, hanya hari minggu saja. Beri reward dan punishment, yang juga berlaku untuk diri sendiri
  2. Kenali rentang waktu perhatian setiap usia anak. Bayi hanya tahan sekian detik, terus meningkat hingga dewasa. Waktu mengaji bersama anak,jangan sampai melewati rentang waktu ini, atau anda akan mengalami kesulitan yang paaanjaaang resikonya. Bahkan, bisa jadi anda tidak bisa mengadakan acara ini lagi untuk waktu yang cukup lama.
  3. Kenali tanda-tanda kebosanan pada anak, dan kejenuhan. Awas. BEgitu terlihat,hentikan acara, dan mainlah bersama anak, habis-habisan.
  4. Dekati anak, jangan takut untuk kekanak-kanakan, atau kebayi-bayian. Anda akan diteladani dan dicontoh, apabila anda dekat dengan anak.
  5. Quran adalah sinar, bila kita ingin menyampaikan/melalukan sinar itu pada anak kita, kita sendiri harus menjadi bening, hingga sinar itu bisa lewat. kekanglah nafsu dan beningkan hati anda.
  6. Perbanyaklah tadarus pribadi, dan bila sanggup, dawam kan lah shalat malam. Semakin banyak riyadhah kita, semakin baik riyadhah kita, maka insyaallah semakin sabar kita menghadapi anak dan mengajarinya, insyaallah semakin mudah kita mengatasi godaan dan rasa frustasi.
  7. Banyak-banyaklah meminta pertolongan pada Allah. Ingat, tugas kita hanyalah menyampaikan ayat Quran. Hidayah pada anak kita, hanya Allah yang berhak dan berkuasa tentang itu. Pasrahlah pada Allah, meski ini hal yang amat sulit. Banyaklah bersedekah, semampunya, untuk mengasah keikhlasan dan kesabaran anda.
  8. Koleksilah konkordansi Quran, zekr atau quran chm
  9. Sempatkan membaca-baca tafsir dan asbabun nuzul
  10. Lebih baik, dan lebih afdhal bila orang tua mengikuti pengajian tafsir al Quran.

 


 [source]

0 komentar:

Post a Comment