Thursday 6 April 2017

7 hal penting di usia 0-7 tahun

Bila mengkaji Siroh ada 7 hal penting di usia 0-7 tahun


👇👇👇





1. Fitrah Iman. Usia 0-7 adalah golden age bagi fitrah iman. Alam bawah sadar anak masih terbuka, mereka sedang sangat imajinatif dan abstraktif, maka inilah kesempatan mengenalkan Allah melalui imaji imaji positif yang berkesan indah dan mendalam. Jika terlewat, maka akan sulit karena di usia 7-10 anak mulai fase argumentatif.
.
.
2. Fitrah Bahasa dan Estetika. Pada tahap ini bahasa ibu (mother tongue)  harus utuh dengan indikasi mampu mengekspresikan gagasan dan perasaan dengan utuh. Buku buku bersastra baik dibacakan.
.
.
3. Fitrah seksualitas. Sosok ayah ibu harus hadir penuh sejak anak dalam kandungan sampai aqilbaligh. Kelekatan harus kuat. Usia 3 tahun setidaknya sudah dengan jelas mengatakan saya cowok atau saya cewek. Toileting juga bagian penting utk fitrah ini.
.
.
4. Fitrah fisik dan indera. Anak sebaiknya banyak bereskplorasi di alam nyata bukan virtual, banyak di luar ruangan daripada di dalam ruangan. Motorik sensor nya harus dipenuhi kebutuhannya dengan menyentuh, meraba, merasa, dll secara langsung di alam. .
.
5. Fitrah bakat dan kepemimpinan. Anak mulai diamati sifat2 dominannya, ego sentrisnya dipuaskan dan diakui, mulai diberi tanggungjawab kepemimpinan (executive functioning) dengan memelihara hewan atau tumbuhan sederhana. .
.
6. Fitrah sosial dan kehidupan. Anak dibacakan kisah kepahlawanan, kearifan lokal yang baik dstnya.
.
.
7. Fitrah belajar dan bernalar. Utamakan bermain. Hindari kognitif formal, tetapi optimalkan bermain dan permainan  imajinatif abstraktif. Ingat bahwa golden age 5 tahun pertama, dimana anak harus diisi banyak banyak karena sinapsis akan meluruh setelah usia 5 tahun, tidak pernah dibenarkan secara syariah maupun ilmiah.
.
.
.
.
kulwap Harry Santosa

0 komentar:

Post a Comment