Friday 28 June 2013

Engkau kucerai bila aku tak masuk syurga!

eaaa...

seram yak bahasannya..mmm

 

tapi kalimat yang skarang jadi judul 'nyampah' di blog ini pernah terucap dari lisan Khalifah Harun Al Rasyid kepada istri tercintanya, Zubaidah binti Ja'far [bukan ghina shafirah elbangkulani yakkk... [plak!]]



alkisah..dihadapkanlah suami istri itu pada perdebatan yang luar biasa hingga emosi sang khilafah tak terkontrol lagi..sayangnya tak dikisahkan perkara apa yang diperdebatkan.

 

klo ditelusuri, mungkin, karena sang istri ingin membangun satu bangungan yang menurut sang khilafah tak begitu diperlukan. mungkin..

 

karena sang istri khalifah terkenal dg kedermawanannya dan kesukaannya akan bangunan. bahkan di Makkah terdapat bangunan "Mata Air Zubaidah" yang menyediakan air bagi keperluan jamaah haji.

 

karena cintanya pada sang istri..galau lah sang khalifah ini..maka dipanggilnya lah para penasihat. dan imam Al Laits Ibn Sa'd pun ditanyai pendapatnya. Imam yang menurut Imam Syafi'i lebih luas dan dalam ilmunya ketimbang ilmu Malik Ibn Anas ini pun lalu meminta dibawakan Al Quran. lalu dibacakannya Surat Al Rahman ayat 46: dan orang yang takut saat menghadap Tuahnnya, maka baginya dua syurga."

 

"Wahai Amirul Mukminin! Tahanlah dan ucapkanlah "Demi Allaah!" pinta sang imam.

 

awalnya, sang khalifah enggan. sang imam pun memaksa hingga dipermintaan yang ketiga, berucaplah sang khalifah dnegan sepenuh hati karena teringat sang istri tercinta, "Demi Allaah!"

 

"Katakanlah, "Sungguh saya takut saat saya akan menghadap Tuhan saya.""

 

dan khalifah pun berikrar sepenuh hati.

 

"Wahai Amirul mukminin. sungguh anda akan mendapat dua syurga. dan karenanya, talak tuan tak jatuh." begitu lah fatwa AL ALaits yang melegakan sang khalifah dan istri.

*cerita lengkap bisa dibaca di buku Kado Cinta utk Muslimah - Ahmad Rofi' Usmani

tumblr_mkmkv0r3aU1rodc8fo1_500

lalu saya teringat kisah HAMKA yang diposting ummi Rochma di fb nya beberapa hari lalu..
Pernah selintas aku baca kisah Allahu yarham. Smg Allah merahmatinya. Belia biasa disebut dengan panggilan HAMKA. Tak diragukan keshalihannya lantaran kisahnya yg menyejarah. Mendapati kebiasaanya shalat TAUBAT setiap hari. Terlintas tanya mengapa beliau sll shalat TAUBAT smntr banyak org tahu tentang keshalihannya.
Dalam sebuah percakapan, "wahai Abah, mengapa Abah sll sholat Taubat, smntr kita tahu Abah adalah org yg shalih dan taat beragama?"
Beliau menjawab, "Abah sll shalat Taubat krn Abah takut jika dalam kehidupan sehari-hari cinta Abah pd Ummi melebihi cinta Abah pd Allah, maka Abah sll shalat Taubat."

 

yaaa..begitu lah frenz fillaah..

sejatinya pernikahan itu menyempurnakan ibadah..alangkah tak harmoni jika kerja cinta yang kita bina malah tak menambah keimanan dari masing2 pribadi.. [eaaa...sok bijak sangad yakkk..]

 

yayayaaaa..semoga ada manfaatnya..

 

***

salam santun.. ^_^21

salam smangad slalu.. ^_^/

salam smangad bekerja dalam cinta hingga harmoni kan tercipta.. \^_^/

aamiin

2 comments: