Monday 14 April 2014

menyusui dengan keras kepala

ada yang terlewatkan atau mungkin memang terlupakan dipelajari pas masa2 hamil.. : menyusui

kirain..menyusui itu gamapang..tinggal 'cocolin' ke mulut baby..udah..nyam nyam..

ternyata oh ternyata..butuh perjuangan 

asi

menyusui itu pake pra-syarat juga ternyata..dan yang ngaruh sangad itu [pengalaman saya ni..] : JANGAN stress dan berpikir ASI cukup apa tidak.

 

dua minggu lalu, ASI saya mendadak ilang..fuhhhh

udh banyak minum..minum sari kurma..lancar ASI..minum susu menyusui..makan katuk..teteuuup g ngalir2 jugaaa..

itu kejadian pas mantapks lagi sibuk buat laporan keuangan kantor. begitu laporan selesai dan g ada masalah, eee ngocor lagiii..mpe tumpeh tumpeh.. [gaya iklan]

 

gitu juga waktu abis jalan2 ber3, biasanya harus banyak minum, tapi karena hepi..g makan juga ASI teteuup ngalir deras..mpe hana-chan K.O di satu PD aja..

 

karena akan segera masuk kerja lagi..mulai lah menabung ASIP..awal nge-pompa, ASI nya dikiiiit g nyampe 10ml..lalu makin diyakinkan klo bisa ngasi ASI mpe 2th [aamiin..] alhamdulillaah skali pompa bisa mpe 60ml di satu PD aja..

 

sayangnya..bunda g setuju dengan ASIP..katanya g sehat lah..g steril lah..ini lah itu lah..pokoknya g boleh me-merah ASI apalagi nyimpan buat waktu lama..mmm diomeli mulu dah..

dan waktu itu..nge-down n kesal..alhasil produksi ASI macet lagi..

alhamdulillaah punya suami yg mendukung ASIX sangad..dan insya Allah kita akan [sdikit maksa] buat jd 'kontraktor'...biar bisa kasi ASI buat hana-chan..wlw ortu rada sebel krn mreka mw nya kita di rumah mpe punya rumah sendiri.. [entah kapan...]

 

o iyaaaa..pernah dikomen juga krn bilang mw tetep ngasi ASI ke hana-chan..

dibilangin g kebeli sufor..beuhhh

asal tau aja ni yaaaa..breast pump itu harganya lumayan..trus perlu beli botol/kantong ASI..butuh freezer juga minimal kulkas..perlu cooler bag/box juga minimal termos es..klo diitung2..sama mahalnya dg beli sufor kan tu..malah klo sufor belinya bisa bertahap..klo perlengkapan nge-pump mesti stock kan kan kan ...

 

ahhh..ini bukan masalah uang sodara sodara..ini masalah keterikatan hati..apa pun yg terjadi..tetep ASI [insya Allah]

*pantesan ada istilah 'pejuang ASI' yaaa..

2 comments:

  1. beli breast-pump merk apo wid/ dimano? onlinekah?

    ReplyDelete
  2. ini pake little giant manual buling..beli di toko perlengkapan bayi di curup ni lah..klo baru2 bagus pake yg manual krn kulit PD msh sensi..

    ReplyDelete