Tuesday 15 April 2014

Perlengkapan Menyusui untuk Ibu Bekerja

Duluuuuu, saya mikirnya untuk breastfeeding itu ya modalnya cuma breast. Sama sekali ngga kepikiran tuh tentang mekanisme untuk ibu bekerja yang tetap mau memberikan asi untuk buah hatinya. Dan yang parah, saya dulu bercita-cita untuk memberikan susu formula yang paling tren dan bikin anak pinter *korban iklan* untuk anak-anak saya nanti. Pahamnya ASI untuk bayi itu ya cuma 6 bulan saja.

Alhamdulillah masa-masa jahiliyyah itu sudah berlalu. Meski belum sempurna, sekarang saya mulai paham seluk beluk perASIan. Dan saya pun akhirnya tahu sesuatu yang disebut ASIP (ASI perah/pompa) hahaha.. (kemana aja buuuu?).

mau ASI  bundaaaaaa...ASI....



Untuk mendapatkan ASIP, bisa dengan tangan kosong (tanpa alat) atau dengan alat. Mengeluarkan ASI dengan tangan tekniknya disebut marmet, ini lebih direkomendasikan ketimbang menggunakan breastpump. Tetapi setelah belajar dari video di youtube dan teori dari beberapa referensi plus beberapa kali praktek, sepertinya saya tidak bakat dibidang marmet. Saya lebih percaya diri menggunakan breastpump.

Nah, untuk mendukung karier saya dalam menyusui hana-chan. Saya pun “mempersenjatai” diri saya dengan beberapa alat, seperti di bawah ini :  

Freezer 
Freezer ini gunanya untuk menyimpan ASIP. Disarankan menggunakan freezer khusus yang tidak tercampur dengan bahan makanan lain guna menjaga kualitas ASIP. Jenis freezernya bisa apa saja, mulai dari freezer kulkas 1 pintu, 2 pintu sampai deep/chest freezer. Beberapa referensi menyatakan deep freezer memang lebih baik untuk menyimpan ASIP karena suhu lebih stabil (jarang dibuka) dan lebih dingin. Semakin dingin, maka ASIP semakin awet. Kisaran harga deep freezer mulai 1,8 juta.
*Saya dan suami nekad beli kulkas 2pintu... ahhh luv u full suami ku..

Breastpump (pompa ASI)
Ini nih senjata utama working mom yang tidak ahli marmet seperti saya. skarang saya pake yg LG manual. 'skarang' krn rencana nya mo beli yg elektrik..pegel soale..

Breastmilk storage (wadah penyimpan ASIP)
Wadah penyimpan bisa macem-macem, tapi saya lebih cocok memakai botol kaca ex-UC dengan tutup ulir. Harganya juga lebih murah cuma 1.300/botol. Selain botol kaca saya juga menyiapkan plastik ASIP untuk berjaga-jaga.

Sterilizer
Sebetulnya lebih hemat kalau menstrerilkan perlengkapan ASIP dengan cara direbus. Hemat listrik. Tetapi, maleznya sayaaaa... Dengan sterilizer elektrik saya tinggal masukkan alat yang mau disteril, pencet tombol, lalu tiduuuur haha.. ya, resikonya biaya listrik membengkak.

Cooler Bag
Cooler bag fungsinya untuk menjaga ASIP tetap dingin, karena semakin dingin, ASIP akan semakin tahan lama. Cooler bag ini sangat penting untuk ibu bekerja yang di kantornya tidak tersedia kulkas (lemari pendingin). ini belum beli krn msh stay di rumah..monggo klo ada yg mw nyumbangin.. [ngarep]

Perlengkapan Mencuci Botol dan Pompa
Perlengkapan ini kudu wajib ada. Sebisa mungkin ada 2 set untuk di rumah dan di kantor. Isinya adalah sabun pencuci dan sikat. Sabunnya saya menggunakan Sleek dan sikatnya merk pigeon. Sikat pigeon ini nyaman digunakan, tinggal puter aja.

Baiklah, itu tadi semua adalah senjata menyusui saya. Semoga bisa memberikan gambaran untuk new mommies yang sedang bersiap-siap berjuang memberikan ASI sambil bekerja. Mari dukung setiap bayi mendapatkan haknya.uhuuuyyyyy yeyyyy...

0 komentar:

Post a Comment